Selasa, 10 Juli 2012

Reproduksi Bacaan


Identitas Buku 

Judul  Buku                 : Semantik                                                  
Pengarang                   : Prof.Dr.I Dewa Putu Wijaya dan
                                     Dr.Muhammad Rohmadi
Penerbit                       : Yuma Pustaka
Cetakan Pertama         : 2008
Cetakan Kedua           : 2011
Tebal Buku                  : 1,2 cm
Jumlah Halaman          : 110

 
Buku ini mengulas tentang masalah-masalah semantik dari aspek teori dan analisis. Dalam buku ini dikaji wacana-wacana semantik antara lain : (1) elemen bahasa,(2) jenis-jenis makna,(3) hubungan bentuk dan makna,(4) ketaksaan,(5) analisis komponensial,(6) eufimisme,(7) perubahan makna. Elemen bahasa dalam  buku semantik  ini mengenai bentuk dan makna dalam bahasa. Makna disini adalah konsep abstrak pengalaman manusia,tetapi bukan pengalaman orang per orang. Sedangkan bentuk adalah elemen fisik tuturan. Jenis-jenis makna diantaranya makna lesikal dan makna gramatikal,makna denotatif dan konotatif,makna literal dan makna figuratif,serta makna primer dan sekunder. Buku ini juga dapat menambah wawasan dan pemerhati bahasa dalam melakukan analisis data-data kebahasaan yang bersinggungan dengan wacana-wacana semantik. Untuk mengetahui lebih jelasnya dapat dibaca dalam buku semantik karangan dari Prof. Dr. I Dewa Wijaya dan Dr. Muhammad Rohmadi
Manfaat dari membaca buku ini adalah buku ini sangat berguna bagi mahasiswa sebagai bahan perbandingan dan menemukan model-model analisis dalam penelitian dengan pendekatan semantik.
Kelemahan buku ini yaitu ada huruf yang salah dalam pengetikan. Bagi para pemula kata-kata dalam buku ini kadang sulit untuk dimengerti. Elemen bahasa yang digunakan sebagian cenderung mengalami perubahan.
Keunggulan buku ini yaitu dalam penulisan kalimat asing disertakan terjemahannya. Beberapa jenis makna serta bentuknya sebagian sudah pernah diajarkan di bangku Sekolah Dasar (SD),Sekolah Menengah Pertama (SMP),Sekolah Menengah Atas (SMA). Buku ini juga melatar belakangi munculnya buku linguistik lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar